![]() |
楼主(阅:48633837/回:0)林文光:广交会的机遇印尼企业不容错过4月15日,在第123届广交会现场,印中商务理事会总主席、印尼金锋集团董事长兼总裁林文光向记者表示。 当日,林文光冒雨来到由商务部新闻办、广交会新闻中心和新华网合作设立的第123届广交会新闻访谈间,畅谈中国和印尼的投资机遇。 林文光祖籍中国福建福清,1951年出生于印尼泗水。从商50多年来,他一直致力于推动中国与印尼之间的友好交流和经贸往来,促成了广东广州与印尼泗水市缔结友好城市。对他而言,广交会已成为印尼企业了解中国的一个必不可少的开放性窗口。 “我参加广交会已有8年时间,期间,中国逐渐发展壮大成为世界第二大经济体,而正是广交会让世界了解了中国经济的快速发展。本届广交会是中国改革开放40周年之际召开的一次盛会,对中国和印尼企业招商引资、品牌展销来说是不容错过的机遇。”林文光表示。 自2009年起,中国已连续9年保持全球货物贸易第一大出口国和第二大进口国地位,市场广阔,印尼是东盟最大经济体,人口总量居世界第四,劳动力充足,两国因为在资源和进出口商品结构上的互补性,成为“一带一路”倡议下经贸往来快速发展的合作伙伴,印尼也因为独特的地理位置、丰富的海洋矿产资源等优势成为“海上丝绸之路”最具经济发展潜力的国家和地区之一。这一系列利好,让林文光的生意越做越大。“我创办的金锋集团是世界华商500强企业,工业产值超过20亿美元。”林文光自豪地说。 据林文光介绍,金锋集团主营业务为铝制品,其铝板材产品主要用于汽车和建筑工程行业,上世纪70年代依靠印尼铝业红火发展的机遇而强大起来。随着如今全球贸易市场不确定性的增加,金锋集团也受到了一些不利因素的影响。“今年以来,国际铝价的波动就是一个很好的例子。”林文光表示,中国一贯秉持的开放型经济体系对印尼来说是一个非常大的利好,在一定程度上为印尼企业对冲了一定风险。因此,“一带一路”倡议对印尼和中国来说是双赢的,它让我对企业铝材产品的可持续发展充满信心。 京东在印尼建站、阿里领投印尼电商平台Tokopedia……,中国数字经济的快速发展也正在让印尼这个“万岛之国”实现互联互通,而这些举措也让金锋集团尝到了甜头。据林文光介绍,金锋集团与京东、阿里都有合作,由此,金锋得以在电商业务开拓进取。 除了广交会,对于11月将在中国上海举行的首届中国国际进口博览会,林文光同样充满期待。“这是中国主动扩大开放的一招好棋,我们充满期待并会带头参展,印中商务理事会也表示会组织更多印尼企业参加,进入展位主道、建设更大的展位。让印尼企业了解中国,让世界了解印尼。”林文光说。 Alim Markus Sebutkan Canton Fair sebagai Peluang Emas bagi Perusahaan Indonesia Pekan Raya Barang Ekspor dan Impor Tiongkok atau yang lebih kenal dengan Canton Fair sering kali disebutkan sebagai "pameran terbesar di Tiongkok". Di tengah semakin meningkatnya risiko dan ketidakpastian di pasar ekspor, Canton Fair akan menyediakan peluang emas bagi perusahaan Indonesia untuk memperluas pasar secara internasional. Pada 15 April, di sela-sela Canton Fair musim semi yang ke-123, Presiden Direktur PT Maspion, Alim Markus, yang juga Ketua Umum Dewan Bisnis Indonesia-Tiongkok sempat diwawancarai wartawan Kantor Berita Xinhua. Ia mengakui sudah mengikuti Canton Fair selama 8 tahun berturut-turut, dan selama 8 tahun itu pula, dirinya menyaksikan Tiongkok berangsur-angsur berkembang menjadi badan ekonomi terbesar kedua di dunia. Melalui penghelatan Canton Fair, dunia menyaksikan perkembangan pesat ekonomi Tiongkok. Canton Fair kali ini bertepatan dengan peringatan 40 tahun reformasi dan keterbukaan Tiongkok, Alim Markus menyebutnya sebagai sebuah peluang emas bagi perusahaan Tiongkok dan Indonesia untuk memperluas investasi dan mempromosikan mereknya masing-masing. Sejak 2009 hingga sekarang, Tiongkok sudah 9 tahun berturut-turut menempati posisi sebagai negara pengekspor terbesar dan negara pengimpor terbesar kedua di dunia. Sementara itu, Indonesia adalah badan ekonomi terbesar di ASEAN, dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia dan tenaga kerja yang melimpah. Kedua negara memiliki hubungan saling melengkapi di bidang sumber daya dan struktur komoditas ekspor dan impor, sehingga telah menjadi mitra kerja sama dengan hubungan perdagangan yang berkembang pesat dalam proses pelaksanaan inisiatif "Satu Sabuk Satu Jalan". Indonesia memliki letak geografis yang strategis dan kaya akan hasil tambang laut, sehingga merupakan salah satu negara dengan potensi ekonomi terbaik di sepanjang Jalur Sutra Maritim. Berkat unsur-unsur tersebut, bisnis Alim Markus terus berkembang pesat. Alim Markus menyatakan, sistem ekonomi terbuka yang dipertahankan Tiongkok telah memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Indonesia, dan pada tingkat tertentu telah meredakan sejumlah risiko yang dihadapi perusahaan Indonesia. Oleh karena itu, inisiatif "Satu Sabuk Satu Jalan" memiliki makna "win-win", baik bagi Indonesia maupun Tiongkok. Kini perkembangan pesat ekonomi digital Tiongkok telah memperluas pengaruhnya sampai Indonesia, yang ditandai dengan didirikannya home-base JD.com di Indonesia, dan suntikan dana Alibaba ke Tokopedia. Langkah-langkah konektivitas tersebut juga telah memberikan keuntungan kepada PT Maspion yang sudah sejak awal menjalin kerja sama dengan JD.com dan Grup Alibaba Tiongkok. Justru melalui kerja sama itulah, usaha PT Maspion di bidang e-commerce berkembang pesat. Selain Canton Fair, China International Import Expo (CIIE) yang akan digelar di Shanghai pada November mendatang juga menjadi sasaran Alim Markus. Ia mengatakan dirinya sangat menanti-nantikan penyelenggaraan CIIE, dan akan mengorganisir lebih banyak perusahaan Indonesia untuk mengikuti pameran tersebut, dengan harapan perusahaan Indonesia dapat mengenal Tiongkok, dan dunia dapat mengenal Indonesia. 帖间广告位01
|